Tuesday, June 25, 2019

Posted by Nasikhin
No comments | June 25, 2019

Kondisi yang tidak cukup berkembang atau anemia bisa terjadi andai jumlah sel darah merah dalam tubuh menurun. Secara umum, ini sebab Anda kelemahan zat besi, sampai-sampai tubuh Anda tidak bisa memproduksi lumayan hemoglobin, yang adalahzat dalam sel darah merah yang bermanfaat membawa oksigen ke jaringan tubuh. Akibatnya, Anda bakal merasa lemas, lelah, sakit kepala, dan gampang lelah. Agar jumlah darah pulang normal, kita direkomendasikan guna makanan untuk menambah darah yang kaya bakal zat besi, vitamin B12, asam folat, dan protein.

1. Daging dagingan

Makanan kesatu guna penambah darah ialah daging. Hampir seluruh jenis daging, baik daging merah (sapi, kambing, hati) dan unggas (ayam dan bebek) berisi zat besi tinggi yang bermanfaat untuk menambah jumlah darah dan menangkal anemia. Makanlah daging ini bareng dengan buah atau sayuran yang berisi vitamin C yang dapat menolong menyerap zat besi dalam tubuh. Namun, usahakan Anda pun tidak mengonsumsi daging secara berlebihan, sebab dapat menambah risiko serangan jantung. Pilih daging rendah lemak dengan diet seimbang.

2. Sayuran

Di samping daging, sayuran hijau gelap laksana bayam pun mempunyai kandungan zat besi yang tinggi. Sayuran beda yang berfungsi untuk meningkatkan darah tergolong kentang, kacang hijau, kacang merah, lobak, kentang, brokoli, dan sawi. Dari sekian banyak  sayuran, ubi jalar ialah obat anemia terbaik, sebab mereka dapat menggiatkan sel darah merah dan menambahkan oksigen ke darah.

3. Buah-buahan

Untuk menghindari anemia, usahakanlah mengonsumsi buah-buahan laksana kismis, prem, apel anggur dan melon yang tidak hanya berfungsi untuk memperlancar aliran darah, tetapi pun dapat menambah jumlah sel darah merah dalam tubuh Anda. Buah jeruk dan jeruk nipis pun dapat menambahkan zat besi dalam tubuh.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Anda yang sering kelemahan darah dapat menjadikan kacang atau biji sebagai camilan sehari-hari. Kedua jenis makanan ini tergolong makanan untuk menambah darah. Di samping kaya bakal zat besi, kacang-kacangan pun berisi asam folat dan protein yang berperan dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Salah satu jenis kacang yang direkomendasikan ialah almond. Makan 1 ons almond masing-masing hari memberi zat besi 6% pada tubuh. Sementara satu jenis biji-bijian yang baik untuk menambah darah ialah wijen.

5. Roti, gandum dan sereal

Ketiga makanan ini meluangkan 20 persen zat besi untuk tubuh andai Anda mengkonsumsinya masing-masing hari. Sereal pun kaya bakal vitamin B12 dan asam folat, sampai-sampai Anda dapat memakannya masing-masing pagi sebagai sarapan untuk menangkal anemia selama kegiatan Anda.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blogroll

Popular Posts

Blogger templates

Popular Posts

About