Tuesday, May 21, 2019

Posted by Nasikhin
No comments | May 21, 2019

Berbagai Pilihan Makanan Sehat
Makanan sehat umumnya mencakup beragam nutrisi dalam jumlah yang cukup, termasuk vitamin dan mineral. Sayuran hijau menempati urutan pertama dalam jenis makanan sehat karena kandungan gizinya yang lengkap. Di antara jenis sayuran hijau, ada berbagai pilihan yang baik untuk dikonsumsi, seperti sawi, brokoli, dan bayam dengan kandungan serat tinggi.

Selain sayuran, buah juga sangat penting karena mengandung banyak vitamin. Dari banyak buah-buahan, beberapa buah populer dan kaya nutrisi, termasuk:


  • Apel, karena mengandung banyak serat, vitamin C, dan antioksidan lainnya.
  • Jeruk, yang tinggi vitamin C.
  • Alpukat, yang kaya akan lemak sehat, kalium dan vitamin C.
  • Pisang, sebagai salah satu sumber kalium.
  • Berry, seperti blueberry dan stroberi. Selain rendah kalori, juga kaya antioksidan dan serat.

Makan makanan sehat juga harus tetap seimbang dan beragam. Inilah kelompok makanan kesehatan utama lain yang harus Anda konsumsi, selain sayur dan buah-buahan:


  • Daging dan telur
Daging adalah salah satu makanan tersehat yang mengandung nutrisi. Daging sapi tanpa lemak adalah sumber protein dan zat besi yang lebih tinggi daripada daging lainnya. Sementara telur diklasifikasikan sebagai salah satu makanan paling bergizi karena selain protein tinggi, telur juga memiliki kandungan nutrisi lengkap mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh hingga antioksidan.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
Kelompok makanan ini adalah jenis makanan sehat yang renyah dan penuh nutrisi, termasuk magnesium dan vitamin E.
  • Ikan dan makanan laut lainnya
Ragam makanan laut, terutama ikan, adalah sejenis makanan sehat yang kaya akan asam lemak omega-3 dan yodium. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering makan ikan laut cenderung lebih lama dan memiliki risiko lebih rendah terhadap banyak penyakit, termasuk penyakit jantung.
  • Susu
Susu mengandung vitamin, mineral, protein hewani berkualitas tinggi, dan lemak sehat. Selain itu, susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik. Anda juga dapat mengonsumsi susu dalam berbagai bentuk produk susu, seperti keju. Susu yang difermentasi menjadi yogurt, mengandung banyak bakteri baik untuk pencernaan.


Kenali berbagai jenis makanan yang perlu dihindari
Selain harus makan makanan sehat, Anda juga harus mengenali makanan yang harus dihindari karena dapat memicu masalah kesehatan.
Pertama, hindari makanan dan minuman yang ditambahkan gula. Jika sering dikonsumsi dalam jumlah banyak, dapat memicu resistensi insulin dalam tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit serius, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Kemudian, hindari makanan cepat saji atau junk food, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan keripik. Jenis makanan ini memiliki kalori tinggi, tetapi sedikit nilai gizinya. Selain itu, makanan cepat saji bisa mendorong makan berlebih.

Hindari juga makanan atau minuman tidak sehat lainnya, seperti permen, es krim, daging olahan, dan keju olahan. Namun, jika Anda ingin mengkonsumsinya, Anda harus melakukannya sesekali saja.

Mulai makan makanan sehat seimbang, untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Agar tidak bosan, Anda bisa mencoba kreasi dan kombinasi berbagai jenis makanan sehat dalam berbagai hidangan menarik setiap hari. Jangan lupa untuk melengkapi pola makan sehat Anda dengan gaya hidup sehat juga, yaitu dengan meningkatkan konsumsi air putih, istirahat yang cukup dan rutin berolahraga. Jika perlu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi makanan sehat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blogroll

Popular Posts

Blogger templates

Popular Posts

About