Tuesday, May 21, 2019

Posted by Nasikhin
No comments | May 21, 2019

Pada dasarnya puasa tidak hanya dilaksanakan  di bulan Ramadhan. Kegiatan memberi batas  asupan makanan dan minuman pada tubuh dapat dilaksanakan  kapan saja di luar bulan Ramadhan.

Meski asupan nutrisi yang masuk ke tubuh terbatas, bukan berarti melalaikan  makanan sehat. Namun, tidak sedikit  orang melewatkan makanan sehat dan lebih suka memenuhi  makanan saja.

Padahal, tubuh memerlukan  lebih tidak sedikit  nutrisi daripada sekadar merasa kenyang. Jadi, menu sehat apa ketika  puasa me sti dihidangkan di meja makan?

Perlu diingat, nutrisi yang diperlukan  oleh tubuh paling  beragam. Karena tersebut  tidak terdapat  satu jenis makanan juga  yang dapat mengisi  semua keperluan  nutrisi ini. Hal utama yang me sti diacuhkan  dalam makanan sehat ketika  berpuasa ialah  menu sahur.

Makan subuh menolong  menjaga metabolisme tubuh dalam situasi  normal. Selama puasa, santap  makanan yang tergolong  karbohidrat kompleks laksana  oatmeal, semolina, lentil, kacang-kacangan, biji-bijian. Ini untuk mengawal  perut tetap kenyang sebab  makanan dipahami  lebih lambat.

Di samping  makanan karbohidrat kompleks, makanan berserat tinggi pun  baik guna  dikonsumsi sampai-sampai  Anda terhindar dari sembelit atau sembelit sekitar  bulan puasa. Sayuran dan buah-buahan hijau ialah  pilihan yang sangat  tepat. Tidak melulu  serat, namun  vitamin dan mineral pun  terpenuhi.

Makanan yang baik ketika  puasa, apakah tersebut  sahur atau berbuka puasa me sti menghindari makanan yang berisi  lemak dan rasa pedas. Selain dapat  meningkatkan kolesterol darah, makanan berlemak dan pedas bisa  mengganggu pencernaan.

Di samping  itu, minumlah tidak sedikit  air, antara masa-masa  berbuka puasa sebelum istirahat  dan ketika  sahur. Campur dengan meminum jus buah pasti  saja tanpa memakai  gula sampai-sampai  Anda dapat  merasakan manfaatnya.

Sementara teh dan kopi yang mempunyai  sifat  diuretik (menyebabkan buang air kecil terus menerus) me sti dihindari ketika  puasa supaya  tidak merasakan  dehidrasi. Buah-buahan yang bisa  Anda nikmati ketika  berpuasa ialah  pisang sebab  potassium, magnesium, dan karbohidratnya yang tinggi.

Saat berbuka puasa, usahakan mengkonsumsi kurma sejumlah  3 item. Kurma ialah  sumber gula, serat, kalium karbohidrat, dan magnesium. Kurma ialah  salah satu makanan puasa tersehat yang dipercayai  mampu membalikkan  energi yang hilang ketika  puasa.

Berikut ialah  menu sehat beda  yang bisa  Anda coba, termasuk:

  • Berbagai sayuran berwarna hijau dan berwarna

Ada tiga sayuran yang gampang  ditemukan dan manfaatnya luar biasa, yakni  bayam, wortel, dan brokoli. Ketiga sayuran itu  berisi  antioksidan dan vitamin B tinggi yang baik guna  kesehatan. Semua sayuran dapat diubah  menjadi sekian banyak   menu, dari tumis, jus, sampai  salad.

  • Daging dan ikan merah

Makanlah daging merah dan ikan supaya  kebutuhan protein kita  terpenuhi. Khusus guna  daging, pilihlah unsur  yang tidak terlalu tidak sedikit  lemak, sampai-sampai  Anda masih dapat  mengontrol jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

  • Susu

Susu ialah  sumber kalsium yang baik. Susu pun  memiliki guna  lain, yang dapat meminimalisir  risiko desakan  darah tinggi sebab  kalsium dapat menangkal  pembekuan darah, memfasilitasi ekspedisi  impuls saraf dan menstabilkan detak jantung.
  • Gandum

Produk gandum seringkali  dapat dinikmati dalam format  roti atau sereal. Produk makanan ini kaya bakal  selenium yang menolong  memperbaiki sel-sel kulit dan meregenerasinya.
  • Buah
Buah-buahan menyediakan sekian banyak   nutrisi yang berlimpah, mulai dari vitamin sampai  mineral yang semuanya diperlukan  oleh tubuh sepanjang hari. Buah yang kaya bakal  vitamin C laksana  jambu biji, jeruk, apel, nanas, semangka, dan melon diandalkan   membantu proses metabolisme tubuh.

Hal urgen  lain yang pun  harus diperhatikan ialah  menjaga supaya  perut tidak kaget ketika  menerima asupan makanan. Ada baiknya kita  tidak santap  makanan atau minuman dingin secara langsung. Mulailah berbuka puasa dengan yang manis dan hangat terlebih dahulu.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blogroll

Popular Posts

Blogger templates

Popular Posts

About