Monday, May 20, 2019

Posted by Nasikhin
No comments | May 20, 2019

Ada pepatah lama yang mengatakan "Katakan apa yang kamu makan dan aku akan memberitahumu apa kamu", Anthelme Brillat-Savarin (1826). Makanan sehat adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengonsumsi beragam makanan sehat dapat mengurangi risiko kanker dan kematian1). Selain variasi, makanan sehat yang merupakan hasil masakan rumahan memiliki kualitas yang lebih baik2). Perhatikan apa yang Anda makan karena makanan Anda akan menjadi bagian dari tubuh Anda. Berikut adalah 11 makanan sehat yang baik untuk versi Digiku.com:

1. Buah
Buah-buahan umumnya kaya akan mineral, vitamin, serat, antioksidan, dan ada banyak juga yang mengandung asam lemak omega-3. Buah-buahan organik jauh lebih baik daripada buah-buahan non-organik. Contoh buah yang kaya nutrisi, seperti kurma, tomat (vit C dan timbal A), jeruk, pisang, apel, aneka beri (blueberry, stroberi, cranberry, ceri).

2. Sayuran
Sama dengan buah-buahan, sayuran juga umumnya kaya akan mineral, vitamin, serat, antioksidan dan asam lemak omega-3. Sayuran hijau lebih kaya nutrisi daripada sayuran non-hijau. Sayuran hijau dan buah-buahan organik sangat direkomendasikan untuk menjadi kunci utama dan utama bagi kesehatan tubuh. Contoh sayuran yang kaya nutrisi, seperti wortel, bayam, kembang kol, brokoli, kacang, daun singkong dan daun pepaya.

3. Sereal utuh
Biji-bijian utuh kaya serat, kalsium, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan zat besi. Kandungan nutrisi dari biji-bijian utuh lebih lengkap dari pada tepung olahan. Selain itu, biji-bijian utuh juga lebih mengenyangkan. Contoh gandum utuh, seperti: jagung, gandum utuh, gandum utuh, bulgur-sorgum, barley, beras merah dan beras.

4. ikan laut
Konsumsi ikan laut sangat baik untuk kesehatan jantung dan perkembangan otak anak-anak dan anak kecil. Selain itu, konsumsi ikan laut dapat mencegah penyakit Alzheimer. Ini karena ikan laut kaya akan asam lemak omega 3. Contoh ikan laut seperti salmon, tuna dan mackerel

5. Ikan air tawar dan payau.
Tidak hanya ikan laut yang baik untuk kesehatan tubuh dan perkembangan otak, tetapi juga ikan air tawar dan payau. Secara umum, ikan adalah hidangan hewani yang mengandung lebih banyak asam amino dan memiliki sedikit kandungan lemak. Contohnya ikan air tawar dan payau, seperti: kerupuk, patin, bengkak, patin, gurame dan lainnya.

6. Telur
Telur adalah sumber protein dan vitamin, sementara mereka memiliki kandungan asam amino paling lengkap. Namun, kuning telur memiliki kandungan kolesterol tinggi. Karena itu, sebaiknya dibatasi dengan konsumsi kuning telur. Putih telur sangat baik untuk perkembangan sel-sel tubuh, direkomendasikan untuk wanita hamil.

7. Ayam Dan Daging
Ayam yang diberi makan makanan alami dan bergizi, seperti jagung (bukan makanan pabrik), memiliki kandungan gizi yang lebih baik. Unggas memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik daripada ayam panggang. Demikian juga, dengan sapi diberi makan makanan alami dan bergizi untuk hewan, seperti rumput yang baik dan kotoran kedelai, daging memiliki kandungan yang lebih baik daripada yang diberi makan oleh produsen.

8. Susu sapi murni.
Seperti sebelumnya, sapi yang diberi makan makanan alami dan bergizi, semua hasil, termasuk susu dan daging, memiliki kandungan yang lebih baik. Susu sapi murni harus dimasak terlebih dahulu untuk memadamkan bakteri, tetapi proses memasak susu sapi yang dapat mengurangi tingkat nutrisi harus dihindari. Masak dengan sedikit api dan didihkan. Susu sapi murni dan matang jauh lebih baik daripada susu bubuk atau susu cair kemasan. Susu sapi mengandung protein, vitamin, dan mineral yang tinggi (terutama kalsium).

9. bawang putih
Bawang putih mengandung antioksidan, kalium, kalsium, zat besi, fosfor dan vitamin C. Bawang putih dapat mengurangi kolesterol jahat "LDL", menurunkan tekanan darah dan mencegah kanker lambung dan usus. Namun, perlu diingat bahwa mengkonsumsi bawang putih dapat menyebabkan bau badan yang tidak sedap. Karena itu, konsumsi bawang putih biasanya diimbangi dengan apel yang bisa menetralkan efek bau badan.

10. Yogurt

Yogurt adalah susu fermentasi. Seperti disebutkan di atas, pada susu sapi murni dapat disimpulkan bahwa yogurt itu sama. Yogurt memiliki kadar vitamin dan mineral yang tinggi. Konsumsi yogurt yang cukup dan tidak berlebihan dapat memberikan efek yang tahan lama.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blogroll

Popular Posts

Blogger templates

Popular Posts

About