Wednesday, May 29, 2019

Posted by Nasikhin
No comments | May 29, 2019

Setiap kali Anda mendengar kata pasar, apa yang Anda bayangkan di benak Anda pasti adalah tempat yang penuh sesak dan umumnya kotor. Benar?

Ini tidak salah, karena sebagian besar pasar mengacu pada pasar tradisional yang umumnya tidak dikelola dengan baik, sehingga mereka identik dengan bau dan lumpur di mana-mana.

Tetapi jika saya menyebut Pasar Sehat Semarang, apa yang ada dalam pikiran teman-teman saya?

Makan sehat bukan hanya soal menurunkan berat badan

Pada bulan Agustus, angin masih dingin. Jadi itu bagus untuk Kelon. Nah, terlepas dari bedak, itu bahkan lebih tenang jika malas, jadi itu membuat saya merasa lebih cepat dan lebih cepat #ah Alesan

Bahkan, berat badan saya sudah berada pada tahap yang mengkhawatirkan. Karena dia terus menambahkan dan tersesat. Hei, apakah ada yang serupa atau tidak? Mencari teman sehingga mereka tidak merasa sendirian, haha.

Duh, meskipun saya juga menyadari bahwa saya menjadi gemuk nanti, saya bisa menjadi gemuk. Jika anak yang gemuk adalah anak yang lucu, tetapi untuk orang dewasa, terutama mereka yang berusia tiga puluhan, itu tidak lucu. Karena berat badan Anda yang berlebih, Anda dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti diabetes atau radang sendi.

Jadi, baru-baru ini, salah satu upaya saya untuk menjalani kehidupan yang seimbang adalah dengan datang ke pasar Semarang yang sehat.

Apa pasar sehat Semarang?

Seperti namanya, Pasar Sehat Semarang adalah pasar yang hanya menjual makanan, minuman dan makanan yang siap makan. Jadi jangan harap ada yang menjual pretik cikse di pasar ini.

Sedangkan untuk pasar secara umum, ada beberapa penjual di Pasar Sehat Semarang dengan barang-barang unik mereka. Namun datang ke Pasar Sehat Semarang tidak membuat saya tertawa, karena tempat acara ini bersih dan tidak berbau sama sekali.


Yang biasanya paling sibuk dan banyak antrian adalah warung milik Ibu Organik. Penyewa ini menjual sayuran organik yang membuat mata bersinar (sangat cepat sehingga mereka adalah sayuran). Tentu saja, jika Anda suka makan sayuran, Anda benar-benar ingin makan semua, ya tomat ceri, sendok mustard, bit, selada, kangkung, bayam, lobak dan banyak lagi.
Ibu Organik masih sedikit manual perdagangan. Jadi, pembeli mengambil sayuran sendiri yang ingin mereka beli untuk dimasukkan ke dalam besek. Kemudian sayuran ditimbang untuk menghitung total pengeluaran.

Nah, karena hanya satu orang yang menimbang, mencatat jumlah skala dan menangani perubahan, itulah yang membuat antrian. Jadi, Anda harus bersabar jika ingin membeli.


ElizadoOrganik adalah penyewa lain yang menjual bahan makanan. Penjual, yang ternyata adalah mantan jurnalis, berdagang buah-buahan berkualitas tinggi seperti pisang, alpukat, dan mangga. Selain buah-buahan, jika Anda mencari mie lethek, minyak kelapa, VCO, garam vulkanik dan kecap sehat, ia juga memiliki tablet.


Jika saya memberi tahu Anda tentang penjual bahan baku, mungkin ada beberapa yang ingin tahu apakah ada orang yang menjual makanan sehat yang siap dimakan? Ya, jawabannya ada di sana. Apa makanan kesehatan yang dijual?

Jadi biar tidak kecewa karena setiap acara mungkin berbeda, yang terbaik adalah teman-teman Anda melihat Instagram Instagram Healthy Market, bukan? Saya sendiri datang untuk membeli yamin jamur Dapur Kecil Organik dan roti pengrajin Naturalia. Jangan khawatir, ini tidak baik. Karena penjualnya profesional, makanan selalu terasa enak dan yang penting adalah makanan itu sehat untuk tubuh kita.


Dan akhirnya, bagi mereka yang benar-benar berniat pergi ke pasar yang sehat, selain kedatangan untuk tidak tidur terlalu lama atau lambat, tidak ada yang akan datang, ada aturan yang perlu diingat. Jangan lupa membawa tas kain atau tas plastik Anda sendiri. Masalahnya adalah bahwa tidak semua penjual tersedia untuk dipecahkan. Ini hanya mendukung cara hidup yang ramah lingkungan untuk mengurangi limbah plastik di planet ini.

Tuesday, May 28, 2019

Posted by Nasikhin
No comments | May 28, 2019
Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat. Segala urusan akan dilaksanakan untuk menjaga supaya badan tetap fit meskipun usia senantiasa bertambah. Nah, di samping berolahraga dan aktif bergerak, terdapat satu urusan lagi yang mesti diacuhkan demi mengawal kesehatan kita. Apa itu? Yap, betul sekali, pola makan!

Jika anda cari di laman internet, telah tentu anda akan menemukan tidak sedikit referensi yang menawarkan pola santap sehat masa sekarang dengan sekian banyak  pilihan. Pola santap tersebut sebagiannya adalahhasil dari riset-riset berpengalaman gizi dan semacamnya. Namun, pernahkah hadir di pikiran kita bagaimana Rasulullah dulu mengawal pola makannya?

Secara dalil, di dalam alquran dan hadits tidak diterangkan mengenai pola santap Rasulullah atau semacamnya. Tetapi, dikutip dari konsultasi syariah, dalam di antara kitabnya, Imam Ibnul Qayim Al Jauziyah pernah menyatakan bahwa Rasulullah tidak memberi batas dirinya dari sebuah makanan tetapi menyeimbangkannya. Maksudnya, Rasululah Shallallahu’alaihi wassalam menyeimbangkan sebuah zat yang terdapat berlebih dalam sebuah makanan dengan makanan yang berisi lawan dari zat tersebut. Sehingga Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam santap secara berimbang. Misalnya beliau menyeimbangkan kurma yang mempunyai sifat panas dengan sesuatu yang mempunyai sifat dingin laksana mentimun.

Di samping itu, ada makanan yang dilafalkan memiliki guna di dalam al-quran maupun hadits. Berikut ini sejumlah potongan ayat alqur’an dan hadits yang melafalkan manfaat sejumlah jenis makanan dan pola santap Rasulullah shallallahu’alaihi wassalam:

Memadukan kurma muda dengan semangka.

Dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau santap semangka dengan kurma muda sambil bersabda,

“Kami memecah panasnya ini (kurma muda) dengan dinginnya ini (semangka) dan dinginnya ini (semangka) dengan panasnya ini (kurma muda).” (Sunan Abu Dawud; dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani)

Memadukan mentimun dengan kurma muda.

Dari Abdullah bin Jafar, “Aku menyaksikan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam santap mentimun dengan ruthab (kurma muda).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Manfaat kurma ‘ajwah.

Dari Jabir dan Abu Said bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Kurma ‘ajwah berasal dari surga, ia adalahpenangkal racun, daging buahnya manis, yang airnya adalahobat mata.” (HR. An-Nasa’i dan Ibnu Majah)

Cuka

“Sebaik-baik lauk ialah cuka.” (HR. Muslim)

Manfaat dan Keutamaan Minyak Zaitun

“Berlauklah dengan minyak zaitun dan jadikanlah ia sebagai minyak oles, sebab ia berasal dari pohon yan diberkahi.” (HR. Ibnu Majah)

Jahe yang pun adalah minuman yang disajikan di dalam surga

“Di dalam surga tersebut mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya ialah jahe.” (QS. Al-Insan:17)

Sayuran rebus yang baik guna orang yang baru sembuh dari sakit.

Dalam hadits riwayar Tirmidzi dan Abu Dawud, diceritakan bahwa pada sebuah waktu Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam mampir ke lokasi tinggal Ummi Al-Mundzir bareng Ali. Pada waktu tersebut Ali baru saja sembuh dari sakit. Rasulullah tidak mengizinkan Ali memakan kurma yang disediakan dengan dalil bahwa Ali baru sembuh. Kemudian, dihidangkanlah sejumlah makanan yang di dalamnya tergolong sayuran rebus, maka Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam berbicara kepada Ali guna memakan sayuran rebus itu karena tersebut lebih baik untuknya.

Demikian keterangan bersangkutan mengenai bagaimana pola santap sehat ala Rasulullah yang dapat dijadikan panduan untuk para umatnya yang mengharapkan hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Tuesday, May 21, 2019

Posted by Nasikhin
No comments | May 21, 2019

Pada dasarnya puasa tidak hanya dilaksanakan  di bulan Ramadhan. Kegiatan memberi batas  asupan makanan dan minuman pada tubuh dapat dilaksanakan  kapan saja di luar bulan Ramadhan.

Meski asupan nutrisi yang masuk ke tubuh terbatas, bukan berarti melalaikan  makanan sehat. Namun, tidak sedikit  orang melewatkan makanan sehat dan lebih suka memenuhi  makanan saja.

Padahal, tubuh memerlukan  lebih tidak sedikit  nutrisi daripada sekadar merasa kenyang. Jadi, menu sehat apa ketika  puasa me sti dihidangkan di meja makan?

Perlu diingat, nutrisi yang diperlukan  oleh tubuh paling  beragam. Karena tersebut  tidak terdapat  satu jenis makanan juga  yang dapat mengisi  semua keperluan  nutrisi ini. Hal utama yang me sti diacuhkan  dalam makanan sehat ketika  berpuasa ialah  menu sahur.

Makan subuh menolong  menjaga metabolisme tubuh dalam situasi  normal. Selama puasa, santap  makanan yang tergolong  karbohidrat kompleks laksana  oatmeal, semolina, lentil, kacang-kacangan, biji-bijian. Ini untuk mengawal  perut tetap kenyang sebab  makanan dipahami  lebih lambat.

Di samping  makanan karbohidrat kompleks, makanan berserat tinggi pun  baik guna  dikonsumsi sampai-sampai  Anda terhindar dari sembelit atau sembelit sekitar  bulan puasa. Sayuran dan buah-buahan hijau ialah  pilihan yang sangat  tepat. Tidak melulu  serat, namun  vitamin dan mineral pun  terpenuhi.

Makanan yang baik ketika  puasa, apakah tersebut  sahur atau berbuka puasa me sti menghindari makanan yang berisi  lemak dan rasa pedas. Selain dapat  meningkatkan kolesterol darah, makanan berlemak dan pedas bisa  mengganggu pencernaan.

Di samping  itu, minumlah tidak sedikit  air, antara masa-masa  berbuka puasa sebelum istirahat  dan ketika  sahur. Campur dengan meminum jus buah pasti  saja tanpa memakai  gula sampai-sampai  Anda dapat  merasakan manfaatnya.

Sementara teh dan kopi yang mempunyai  sifat  diuretik (menyebabkan buang air kecil terus menerus) me sti dihindari ketika  puasa supaya  tidak merasakan  dehidrasi. Buah-buahan yang bisa  Anda nikmati ketika  berpuasa ialah  pisang sebab  potassium, magnesium, dan karbohidratnya yang tinggi.

Saat berbuka puasa, usahakan mengkonsumsi kurma sejumlah  3 item. Kurma ialah  sumber gula, serat, kalium karbohidrat, dan magnesium. Kurma ialah  salah satu makanan puasa tersehat yang dipercayai  mampu membalikkan  energi yang hilang ketika  puasa.

Berikut ialah  menu sehat beda  yang bisa  Anda coba, termasuk:

  • Berbagai sayuran berwarna hijau dan berwarna

Ada tiga sayuran yang gampang  ditemukan dan manfaatnya luar biasa, yakni  bayam, wortel, dan brokoli. Ketiga sayuran itu  berisi  antioksidan dan vitamin B tinggi yang baik guna  kesehatan. Semua sayuran dapat diubah  menjadi sekian banyak   menu, dari tumis, jus, sampai  salad.

  • Daging dan ikan merah

Makanlah daging merah dan ikan supaya  kebutuhan protein kita  terpenuhi. Khusus guna  daging, pilihlah unsur  yang tidak terlalu tidak sedikit  lemak, sampai-sampai  Anda masih dapat  mengontrol jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

  • Susu

Susu ialah  sumber kalsium yang baik. Susu pun  memiliki guna  lain, yang dapat meminimalisir  risiko desakan  darah tinggi sebab  kalsium dapat menangkal  pembekuan darah, memfasilitasi ekspedisi  impuls saraf dan menstabilkan detak jantung.
  • Gandum

Produk gandum seringkali  dapat dinikmati dalam format  roti atau sereal. Produk makanan ini kaya bakal  selenium yang menolong  memperbaiki sel-sel kulit dan meregenerasinya.
  • Buah
Buah-buahan menyediakan sekian banyak   nutrisi yang berlimpah, mulai dari vitamin sampai  mineral yang semuanya diperlukan  oleh tubuh sepanjang hari. Buah yang kaya bakal  vitamin C laksana  jambu biji, jeruk, apel, nanas, semangka, dan melon diandalkan   membantu proses metabolisme tubuh.

Hal urgen  lain yang pun  harus diperhatikan ialah  menjaga supaya  perut tidak kaget ketika  menerima asupan makanan. Ada baiknya kita  tidak santap  makanan atau minuman dingin secara langsung. Mulailah berbuka puasa dengan yang manis dan hangat terlebih dahulu.

Posted by Nasikhin
No comments | May 21, 2019

Berbagai Pilihan Makanan Sehat
Makanan sehat umumnya mencakup beragam nutrisi dalam jumlah yang cukup, termasuk vitamin dan mineral. Sayuran hijau menempati urutan pertama dalam jenis makanan sehat karena kandungan gizinya yang lengkap. Di antara jenis sayuran hijau, ada berbagai pilihan yang baik untuk dikonsumsi, seperti sawi, brokoli, dan bayam dengan kandungan serat tinggi.

Selain sayuran, buah juga sangat penting karena mengandung banyak vitamin. Dari banyak buah-buahan, beberapa buah populer dan kaya nutrisi, termasuk:


  • Apel, karena mengandung banyak serat, vitamin C, dan antioksidan lainnya.
  • Jeruk, yang tinggi vitamin C.
  • Alpukat, yang kaya akan lemak sehat, kalium dan vitamin C.
  • Pisang, sebagai salah satu sumber kalium.
  • Berry, seperti blueberry dan stroberi. Selain rendah kalori, juga kaya antioksidan dan serat.

Makan makanan sehat juga harus tetap seimbang dan beragam. Inilah kelompok makanan kesehatan utama lain yang harus Anda konsumsi, selain sayur dan buah-buahan:


  • Daging dan telur
Daging adalah salah satu makanan tersehat yang mengandung nutrisi. Daging sapi tanpa lemak adalah sumber protein dan zat besi yang lebih tinggi daripada daging lainnya. Sementara telur diklasifikasikan sebagai salah satu makanan paling bergizi karena selain protein tinggi, telur juga memiliki kandungan nutrisi lengkap mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh hingga antioksidan.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
Kelompok makanan ini adalah jenis makanan sehat yang renyah dan penuh nutrisi, termasuk magnesium dan vitamin E.
  • Ikan dan makanan laut lainnya
Ragam makanan laut, terutama ikan, adalah sejenis makanan sehat yang kaya akan asam lemak omega-3 dan yodium. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering makan ikan laut cenderung lebih lama dan memiliki risiko lebih rendah terhadap banyak penyakit, termasuk penyakit jantung.
  • Susu
Susu mengandung vitamin, mineral, protein hewani berkualitas tinggi, dan lemak sehat. Selain itu, susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik. Anda juga dapat mengonsumsi susu dalam berbagai bentuk produk susu, seperti keju. Susu yang difermentasi menjadi yogurt, mengandung banyak bakteri baik untuk pencernaan.


Kenali berbagai jenis makanan yang perlu dihindari
Selain harus makan makanan sehat, Anda juga harus mengenali makanan yang harus dihindari karena dapat memicu masalah kesehatan.
Pertama, hindari makanan dan minuman yang ditambahkan gula. Jika sering dikonsumsi dalam jumlah banyak, dapat memicu resistensi insulin dalam tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit serius, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Kemudian, hindari makanan cepat saji atau junk food, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan keripik. Jenis makanan ini memiliki kalori tinggi, tetapi sedikit nilai gizinya. Selain itu, makanan cepat saji bisa mendorong makan berlebih.

Hindari juga makanan atau minuman tidak sehat lainnya, seperti permen, es krim, daging olahan, dan keju olahan. Namun, jika Anda ingin mengkonsumsinya, Anda harus melakukannya sesekali saja.

Mulai makan makanan sehat seimbang, untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Agar tidak bosan, Anda bisa mencoba kreasi dan kombinasi berbagai jenis makanan sehat dalam berbagai hidangan menarik setiap hari. Jangan lupa untuk melengkapi pola makan sehat Anda dengan gaya hidup sehat juga, yaitu dengan meningkatkan konsumsi air putih, istirahat yang cukup dan rutin berolahraga. Jika perlu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi makanan sehat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Monday, May 20, 2019

Posted by Nasikhin
No comments | May 20, 2019

Pernahkah Anda merasa lapar dan haus? Ketika kita lapar dan haus, tubuh kita melemah dan terasa impoten. Bagaimana tubuh kita disegarkan dan diberi energi lagi? Tentu saja kita harus makan dan minum. Kita bisa mendapatkan makanan dan minuman dari berbagai sumber. Makanan dan minuman ini tentu halal dan baik untuk tubuh kita. Islam melarang orang mengkonsumsi makanan dan minuman yang haram. Kita harus waspada terhadap semua jenis trik setan karena makanan dan minuman ilegal dapat menyebabkan tubuh, jiwa dan pikiran kita menjadi rusak. Kita menjadi malas untuk beribadah dan ada keinginan untuk berbuat dosa. Kenapa begitu? Itu semua karena bahan makanan akan menjadi sumber energi bagi tubuh. Jika sumber energinya baik, ia akan mendapat hasil yang baik. Sebaliknya, jika sumber energinya buruk, maka itu juga akan buruk bagi kita. Seperti yang telah kita pahami bersama, Setan selalu menggoda orang untuk menyangkal Allah. Lihatlah di sekeliling Anda, tentu saja ada banyak makanan dan minuman yang haram. Namun, anehnya, banyak orang walaupun Muslim mengkonsumsinya karena beberapa alasan. Beberapa bahkan mengkonsumsinya untuk alasan mengobati penyakit tertentu, sementara masih ada banyak obat lain. Karena itu, kita harus selalu berusaha agar makanan dan minuman yang kita konsumsi baik kembali.
Posted by Nasikhin
No comments | May 20, 2019
Memiliki perut yang ideal adalah impian banyak orang. Namun, sayangnya, hal ini seringkali sulit dicapai karena beberapa faktor penghalang, seperti kurang olahraga dan pola makan yang tidak sehat.

Untuk hal terakhir yang disebutkan, banyak yang menganggapnya sebagai dilema. Di satu sisi, diet sehat seringkali tidak disertai dengan rasa lezat saat makan. Di sisi lain, makan makanan lezat cenderung tidak sehat karena mengandung sedikit nutrisi.

Ada cara mudah dan tepat untuk menerapkan pola makan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan niat dan ketekunan, tentunya diet sehat akan secara efektif membantu mengurangi perut dan membakar kelebihan lemak tubuh.

1. Karbohidrat bukan musuh.
Banyak orang menganggap bahwa karbohidrat adalah "iblis pengganggu" ketika menjalankan pola makan. Padahal, tubuh masih membutuhkan karbohidrat untuk mendapatkan energi. Saran terbaik untuk mengkonsumsinya adalah memilih sumber karbohidrat yang rendah karbohidrat tetapi tinggi serat, seperti beras merah dan gandum, sebagai bagian dari diet harian Anda.

2. Pilih sumber protein yang benar
Telur dan daging putih adalah sumber protein yang paling direkomendasikan karena mereka memiliki kandungan protein yang tinggi dan zat aktif alami lainnya yang berguna untuk membantu mendorong pembakaran lemak.

3. Sangat disarankan untuk merancang diet sehat.
Jangan pernah memikirkan diet untuk menghentikan diet, melainkan sebagai panduan untuk menyiapkan beberapa makanan dalam komposisi yang sehat. Selain itu, diet sehat juga mencakup menyiapkan lebih banyak makanan dengan kecepatan yang disesuaikan untuk mendapatkan manfaat terbaik dari sumber makanan sambil memberikan rasa kenyang yang nyaman.

4. Tambahkan porsi sayuran Anda
Mulailah kebiasaan makan sayuran sehat melalui jenis yang paling mudah diterima, seperti bayam, wortel, dan brokoli. Bagaimana dengan kentang? Ini harus dikurangi, karena kentang tidak benar-benar sayuran, tetapi umbi-umbian yang mengandung cukup karbohidrat. Sangat disarankan untuk secara bertahap meningkatkan porsi sayuran hijau dan tinggi protein dan mineral di antara penyesuaian diet Anda.

5. Kurangi konsumsi MSG.
Banyak yang mengatakan bahwa makanannya kurang enak tanpa bumbu atau MSG. Meski penyedapnya juga bisa didapat dari bahan-bahan alami, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, cabai dan banyak rempah lainnya yang kaya akan rasa dan sehat. Ketika tinggal di negara dengan rempah-rempah berlimpah, Anda seharusnya tidak kesulitan menemukan rasa alami.

6. Pelajari isyarat lapar Anda
Belum tentu ketika suara perut adalah pertanda rasa lapar, bisa jadi hanya karena ada terlalu banyak gas di saluran pencernaan, terutama perut, sehingga membuat perut Anda berteriak seperti ingin makan. Jika Anda terbiasa makan dalam pola jam yang telah ditentukan, tubuh Anda akan menyesuaikannya dengan lambat.

7. Camilan sehat
Semua orang suka makan sesuatu, mengapa itu harus dihindari? Sebagai gantinya, Anda harus mengganti sandwich yang Anda makan, dari yang biasanya asin dan manis, menjadi camilan yang lebih alami, seperti kacang-kacangan atau buah-buahan. Untuk jenis kacang-kacangan, Anda tidak boleh mengonsumsi terlalu banyak dengan kandungan minyak yang tinggi, seperti kacang tanah.

8. Minum air secara teratur
Air minum secara teratur memainkan peran penting dalam menyeimbangkan kebutuhan hidrasi tubuh dan menjaga stabilitas nafsu makan. Selain itu, minum air putih secara teratur juga berguna untuk membantu membersihkan usus dari "sampah" yang berisiko mengubah saluran pencernaan lunak.

9. Selalu ingat tujuan sehat Anda
Jangan pernah lupa apa tujuan Anda untuk mencapai perut kecil yang sempurna. Selain sehat, tentunya Anda juga harus terlihat cantik dalam penampilan. Untuk itu, Anda bisa memasang pengingat di berbagai perangkat Anda tentang pola makan sehat. Semakin serius dan konsisten Anda dalam menjalankan diet sehat, semakin cepat efek maksimal yang dapat Anda raih.
Posted by Nasikhin
No comments | May 20, 2019
Makanan dan minuman yang tepat penting untuk memastikan nutrisi yang tepat selama puasa. Pilih menu sehat yang baik berikut!

Makanan dan minuman untuk berbuka puasa: sangat penting untuk memperhatikan asupan gizi makanan dan minuman selama puasa Ramadhan. Baik saat sahur maupun saat berbuka puasa, kandungan nutrisi dari bahan yang dikonsumsi harus diperhatikan.

Namun, banyak orang mengabaikan ini terutama untuk makanan berbuka puasa. Menu makanan cepat saji biasanya berupa makanan ringan instan yang tidak baik untuk tubuh, seperti makanan yang digoreng, minuman sirup, makanan ringan dari pedagang kaki lima, dll.

Jika Anda mengkhawatirkan kesehatan, bulan puasa adalah waktu yang tepat untuk memulai dengan kebiasaan makan sehat kapan pun Anda ingin memperhatikan nutrisi makanan dan minuman yang dikonsumsi saat berbuka puasa.

Berikut ini adalah makanan dan minuman berbuka puasa yang telah terbukti sehat.

1. Kurma

Tanggal berasal dari wilayah Mediterania. Tidak hanya di Timur Tengah, kurma juga sangat populer di Indonesia, terutama selama bulan Ramadhan.


Kurma adalah makanan puasa yang sehat karena mineral dan kalsium yang dikandungnya, dan manisnya alami merupakan penangkal asam lambung setelah puasa.

2. Air Mineral

Saat puasa, tubuh menjadi dehidrasi dan kehilangan banyak cairan, yang membuat orang merasa lelah.


Untuk memulihkan energi dan memperbaiki kondisi tubuh, minumlah air sebagai minuman berbuka puasa yang sehat, karena tubuh akan mengalami dehidrasi setelah kehilangan banyak cairan.

3. Pisang

Pisang dapat disebut sebagai sumber energi instan. Pisang mengandung sekitar 90 kalori, dengan serat-serat kompleks yang membuat perut terasa lebih cepat lebih cepat dan lebih lama.

Pisang juga mengandung vitamin C yang memperkuat daya tahan tubuh setelah seharian dehidrasi.

4. Air Kelapa Murni

Penggantian cairan yang terkuras karena puasa dapat dilakukan dengan mengonsumsi air kelapa saat berbuka puasa. Tidak disarankan untuk mencampur air kelapa dengan gula atau santan karena dapat merusak elektrolit yang dikandungnya.

5. Telur

Asam amino dan protein dalam telur dapat memperbaiki sel-sel otot yang rusak setelah seharian beraktivitas tanpa terhidrasi. Dianjurkan untuk tidak memproses telur dalam piring yang mengandung banyak garam atau rempah-rempah karena makan garam saat berbuka puasa dapat menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak cairan.
Posted by Nasikhin
No comments | May 20, 2019

Ada pepatah lama yang mengatakan "Katakan apa yang kamu makan dan aku akan memberitahumu apa kamu", Anthelme Brillat-Savarin (1826). Makanan sehat adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengonsumsi beragam makanan sehat dapat mengurangi risiko kanker dan kematian1). Selain variasi, makanan sehat yang merupakan hasil masakan rumahan memiliki kualitas yang lebih baik2). Perhatikan apa yang Anda makan karena makanan Anda akan menjadi bagian dari tubuh Anda. Berikut adalah 11 makanan sehat yang baik untuk versi Digiku.com:

1. Buah
Buah-buahan umumnya kaya akan mineral, vitamin, serat, antioksidan, dan ada banyak juga yang mengandung asam lemak omega-3. Buah-buahan organik jauh lebih baik daripada buah-buahan non-organik. Contoh buah yang kaya nutrisi, seperti kurma, tomat (vit C dan timbal A), jeruk, pisang, apel, aneka beri (blueberry, stroberi, cranberry, ceri).

2. Sayuran
Sama dengan buah-buahan, sayuran juga umumnya kaya akan mineral, vitamin, serat, antioksidan dan asam lemak omega-3. Sayuran hijau lebih kaya nutrisi daripada sayuran non-hijau. Sayuran hijau dan buah-buahan organik sangat direkomendasikan untuk menjadi kunci utama dan utama bagi kesehatan tubuh. Contoh sayuran yang kaya nutrisi, seperti wortel, bayam, kembang kol, brokoli, kacang, daun singkong dan daun pepaya.

3. Sereal utuh
Biji-bijian utuh kaya serat, kalsium, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan zat besi. Kandungan nutrisi dari biji-bijian utuh lebih lengkap dari pada tepung olahan. Selain itu, biji-bijian utuh juga lebih mengenyangkan. Contoh gandum utuh, seperti: jagung, gandum utuh, gandum utuh, bulgur-sorgum, barley, beras merah dan beras.

4. ikan laut
Konsumsi ikan laut sangat baik untuk kesehatan jantung dan perkembangan otak anak-anak dan anak kecil. Selain itu, konsumsi ikan laut dapat mencegah penyakit Alzheimer. Ini karena ikan laut kaya akan asam lemak omega 3. Contoh ikan laut seperti salmon, tuna dan mackerel

5. Ikan air tawar dan payau.
Tidak hanya ikan laut yang baik untuk kesehatan tubuh dan perkembangan otak, tetapi juga ikan air tawar dan payau. Secara umum, ikan adalah hidangan hewani yang mengandung lebih banyak asam amino dan memiliki sedikit kandungan lemak. Contohnya ikan air tawar dan payau, seperti: kerupuk, patin, bengkak, patin, gurame dan lainnya.

6. Telur
Telur adalah sumber protein dan vitamin, sementara mereka memiliki kandungan asam amino paling lengkap. Namun, kuning telur memiliki kandungan kolesterol tinggi. Karena itu, sebaiknya dibatasi dengan konsumsi kuning telur. Putih telur sangat baik untuk perkembangan sel-sel tubuh, direkomendasikan untuk wanita hamil.

7. Ayam Dan Daging
Ayam yang diberi makan makanan alami dan bergizi, seperti jagung (bukan makanan pabrik), memiliki kandungan gizi yang lebih baik. Unggas memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik daripada ayam panggang. Demikian juga, dengan sapi diberi makan makanan alami dan bergizi untuk hewan, seperti rumput yang baik dan kotoran kedelai, daging memiliki kandungan yang lebih baik daripada yang diberi makan oleh produsen.

8. Susu sapi murni.
Seperti sebelumnya, sapi yang diberi makan makanan alami dan bergizi, semua hasil, termasuk susu dan daging, memiliki kandungan yang lebih baik. Susu sapi murni harus dimasak terlebih dahulu untuk memadamkan bakteri, tetapi proses memasak susu sapi yang dapat mengurangi tingkat nutrisi harus dihindari. Masak dengan sedikit api dan didihkan. Susu sapi murni dan matang jauh lebih baik daripada susu bubuk atau susu cair kemasan. Susu sapi mengandung protein, vitamin, dan mineral yang tinggi (terutama kalsium).

9. bawang putih
Bawang putih mengandung antioksidan, kalium, kalsium, zat besi, fosfor dan vitamin C. Bawang putih dapat mengurangi kolesterol jahat "LDL", menurunkan tekanan darah dan mencegah kanker lambung dan usus. Namun, perlu diingat bahwa mengkonsumsi bawang putih dapat menyebabkan bau badan yang tidak sedap. Karena itu, konsumsi bawang putih biasanya diimbangi dengan apel yang bisa menetralkan efek bau badan.

10. Yogurt

Yogurt adalah susu fermentasi. Seperti disebutkan di atas, pada susu sapi murni dapat disimpulkan bahwa yogurt itu sama. Yogurt memiliki kadar vitamin dan mineral yang tinggi. Konsumsi yogurt yang cukup dan tidak berlebihan dapat memberikan efek yang tahan lama.

Popular Posts

Blogroll

Popular Posts

Blogger templates

Popular Posts

About